Tips Menjadi Blogger Profesional yang Dilirik Brand

Tips Menjadi Blogger Profesional yang Dilirik Brand

Setiap profesi pastinya dituntut harus memiliki etika yang baik, karena dengan memiliki etika yang baik dipercaya bisa membuat pekerjaan yang digeluti panjang umur. Salah satu profesi yang harus memiliki etika yang baik itu blogger.

Sebab, memiliki kualitas tulisan yang baik saja belum cukup dalam menjadi seorang blogger, karena blogger harus memiliki etika yang baik pula. Seorang blogger dituntut untuk selalu mengedepankan etika yang baik dalam setiap perjalanannya. Entah itu saat menghadiri suatu acara, membuat review produk atau bahkan ketika mengungkapkan kegelisahan hati lewat tulisan. Menjadi blogger yang baik harus juga menjunjung etika sebagai seorang blogger setinggi tingginya, karena bagaimanapun blogger itu menjadi panutan.

Tips Menjadi Blogger Profesional yang Dilirik Brand

Berikut ini 4 etika yang harus dimiliki seorang blogger, supaya blogger tidak dicap sebagai blogger yang buruk atau bahkan nggak beretika, yaitu :

  • Hindari Isu SARA Dalam Setiap Postingan

Jangan sampai blog jadi sasaran tembak orang-orang yang nggak suka pada kita hanya karena nggak sengaja atau nggak tau informasi yang tepat, namun menyajikan konten bermuatan SARA. Selain bisa menyinggung sebagian kelompok atau orang lain, mengangkat isu atau konten bermuatan SARA bisa membuat blog kita dikenal sebagai blog yang kurang bertanggung jawab, lebih buruknya lagi akan dicap sebagai penulis yang nggak beretika.

  • Jauhi Perbuatan Menjelek-jelekan Blog Orang Lain

Ini penting, sekalipun kita sudah menjadi seorang blogger profesional dan dikenal banyak orang. Tetap saja nggak boleh menjelek-jelekan blog milik orang lain di blog kita, apalagi dengan tujuan menghancurkannya. Jauhi perbuatan seperti itu, karena saat kamu berusaha menghancurkan blog milik orang lain dengan menjelek-jelekannya. Hal itu akan berbalik juga pada blog kita sendiri. Lebih baik kita menuliskan hal yang positif dan bermanfaat.

  • Berbalas Komentar dengan Bahasa yang Baik dan Sopan

Ini juga nggak kalah pentingnya dengan point sebelumnya. Berbalas komentar juga ada etika nya. Hindari penggunaan kata atau kalimat yang bisa menyinggung. Jauhi kata-kata yang kasar dan frontal. Selalu berikan kritik membangun jika diperlukan, jangan berikan kritik yang menghancurkan. Setiap blogger baru layak mendapatkan masukan yang baik dari pembaca atau blogger lain yang sudah memulai kegiatan blogging lebih dulu. Berbalas komentar dengan bahasa yang baik akan menambah jaringan persahabatan.

  • Hindari Plagiat dan Jaga Kualitas Konten

Yang terakhir dan paling penting adalah, jauhi perilaku plagiat. Meniru boleh-boleh saja, tapi nggak dengan copy paste. Meniru kemudian memodifikasi dengan bahasa sendiri mungkin akan lebih baik. Tapi sebisa mungkin kita harus selalu bisa menjaga keaslian tulisan dan ciri khas kita dalam setiap postingan di blog. Sebab itu akan menjadi nilai tambah untuk kita. Meniru orang lain hanya akan mengurangi tingkat kepercayaan orang terhadap kualitas tulisan kita. Belajarlah untuk terus meningkatkan skill menulis supaya pada akhirnya bisa terus menjaga ciri khas dan keaslian dari tulisan-tulisan kita.

Selain itu, blogger yang baik akan selalu menjaga etikanya saat hadir dalam suatu acara, atau dalam menyajikan tulisan, untuk itu menulislah sesuatu yang baik juga bermanfaat bagi banyak orang, karena nggak hanya kualitas tulisan yang diutamakan tapi tentang beretika yang baik. Jika kita sudah bisa menjaga etika sebagai blogger yang baik, artinya kita sudah siap untuk menjadi blogger profesional.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )