5 Tips Menulis Novel untuk si Pemula

5 Tips Menulis Novel untuk si Pemula

Saat ini banyak bertebaran tips menulis novel, lantas apakah semua orang bisa menulis Novel? Tentu saja bisa, setiap orang bisa saja menjadi penulis Novel jika memang orang tersebut benar-benar mau. Caranya bagaimana? Sulitkah? Panjangkah prosesnya? Sebenarnya pertanyaan semacam itu pasti kita temukan di setiap diskusi santai ataupun serius mengenai bagaimana cara memulai sebagai penulis.

5 Tips Menulis Novel 

Sebelum semakin banyak calon penulis yang menyerah sebelum berjuang, berikut ini ada 5 Tips menulis Novel untuk si pemula.

  • Mulailah dengan Memikirkan Ide Cerita yang akan Dibuat

Ide cerita adalah hal paling penting dari sebuah tulisan. Kita tidak akan tahu harus menulis apa jika kita tidak tahu apa yang akan kita tulis. Menentukan Ide cerita bisa langsung sesuai dengan apa yang kita pikirkan atau pernah kita alamai sehari-hari, namun itu saja tidak cukup. Mencari Ide cerita juga bisa dari pengalaman hidup orang lain, atau dengan cara membaca Novel-novel penulis terkenal sebagai referensi. Setelah membaca cukup banyak Novel, sudah tentu semakin terbuka pikiran kita, semakin banyak kosakata yang kita dapat untuk bekal menulis kita. Dari situ temukan hal berbeda yang bisa kita angkat ke dalam sebuah karya Novel. Kemudian di sinilah kita akan bisa membuat Judul yang menarik untuk novel kita.

  • Ciptakan Karakter Tokoh Beserta Deskripsi Lengkapnya

Setelah ide cerita muncul ke permukaan, simpan baik-baik. Lalu siapkan karakter yang akan mengisi peran dalam cerita yang sedang kita siapkan. Cobalah berpura-pura menjadi seorang sutradara film yang sedang melakukan casting aktor yang akan bermain dalam filmnya. Ciptakan Karakter tokoh yang sesuai dengan kebutuhan cerita kita. Mulai dari nama dan ciri-ciri fisik karakternya. Kemudian deskripsikan. Jangan lupa untuk menulis semua deskripsinya dengan lengkap, supaya kita tidak lupa bagaimana karakter tokohnya masing-masing.

  • Tentukan Setting Cerita

Mungkin bagi beberapa orang setting atau tempat yang akan kita jadikan sebagai latar belakang cerita itu tidak terlalu penting. Padahal latar tempat akan sangat mempengaruhi jalan cerita. Dengan menentukan setting kita bisa menentukan hal lainnya, seperti Bahasa apa yang akan kita gunakan, penggunaan aksen yang dikonversikan ke dalam bentuk tulisan, tempat-tempat romantis yang akan kita gunakan sebagai latar dialog romantis dan lainnya sangat menentukan kedalaman alur cerita. Jadi mulailah dengan menentukan setting yang benar-benar sudah kamu pahami seluk beluknya, atau jika tidak kita bisa mempelajari dan memilih setting mana yang pas dengan cerita kita lewat membaca banyak referensi yang mendukung.

  • Buat Guide Alur Cerita atau Outline Cerita Keseluruhan

Setelah ide cerita kita siapkan, karakter tokoh sudah ditulis dan setting sudah ditentukan. Mulailah dengan membuat guide tulisan. Susunlah jalan cerita tiap bab dalam beberapa paragraf. Di sini adalah tahap yang lumayan besar pengaruhnya untuk keseluruhan tulisan kita. Karena di tahap ini, kita akan menyusun jalan cerita dari awal hingga akhir cerita, menentukan letak drama, konflik, hingga dialog-dialog manis yang diperlukan.

  • Tentukan Sudut Pandang dan Mulailah Menulis

Terakhir dan yang sangat penting dari Tips Menulis Novel ini adalah menentukan sudut pandang tulisan. Kita akan menentukan sebagai orang pertama atau ketiga. Sebagai pelaku utama atau pengamat. Menentukan sudut pandang ini mempengaruhi gaya bercerita kita. Ada beberapa kasus sebuah novel jadi terasa aneh ketika POV berubah-ubah. Di Bab pertama sebagai orang ketiga atau pengamat (dengan kata ganti dia, mereka, ia dan -nya), kemudian di bab berikutnya berubah jadi pelaku utama (dengan kata ganti aku, saya, kita, kami). Jika sudah ditentukan, kita akan bisa segera menulis dengan nyaman.

Itulah 5 Tips Menulis Novel untuk si pemula yang harus diperhatikan. Jika semuanya sudah dikuasai dan dilakukan dengan benar, maka yang terakhir harus kita lakukan adalah mengajukannya ke penerbit-penerbit yang sesuai dengan genre novel yang kita tulis. Jadi apakah kamu sudah siap menjadi penulis?

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )